Kamis, 06 Desember 2012

PTS 041 PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP BERKARAKTER


PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN RPP BERKARAKTER DI GUGUS II .................. UPTD DIKPORA KECAMATAN .................. SEMESTER I  TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ABSTRAK

Tujuan    dari    dilaksanakannya    penelitian    ini    adalah    untuk    mengetahui    hal-hal    sebagai    berikut:    (1)    Peningkatan    aktivitas    supervisi    akademik    di      gugus II .................. UPTD Dikpora Kecamatan ..................    tahun    pelajaran    2010/2011;    (2)    Peningkatan    kemampuan    guru    dalam    mengembangkan    pendekatan    pembelajaran    yang    berpusat    pada    siswa    di      gugus II .................. UPTD Dikpora Kecamatan ..................    tahun    pelajaran    2010/2011.
Lokasi    penelitian    adalah      gugus II .................. UPTD Dikpora Kecamatan ..................    Kecamatan    Sidoharjo    Kabupaten    Wonogiri.    Penenilitian    ini    merupakan    penelitian    tindakan    sekolah,    yaitu    penelitian    yang    dilakukan    untuk    menemukan    proses    tpenyelenggaraan    pendidikan    yang    paling    seuai    dengan    kondisi    sekolah.    Penelitian    dilakukan    dengan    dua    siklus,    yaitu    siklus    I    dan    II.    Analisis    data    dilakukan    dengan    metode    kualitatif.    Subyek    penelitian    adalah    guru    dan    kepala    sekolah.
Berdasarkan    atas    hasil    penbelitian    tindakan    sekolah    yang    dilakuakn,    dapat    dibuat    kesimpulan    sebagai    berikut:    (1)    Pelaksanaan    supervisi    akademik    yang    berfokus    pada    masalah    peningkatan    keamampuan    guru    dalam    mengembangkan    pendekatan    pembelajaran,    khususnya    pendekatan    pembelajaran    yang    berpusat    pada    siswa,    mengalami    peningkatan;    (2)    Terjadi    peningkatan    kemampuan    guru    dalam    mengembangkan    pendekatan    pembelajaran,    khususnya    pada    pendekatan    yang    berpusat    pada    siswa.

BAB    I
PENDAHULUAN

A.      Latar    Belakang    Masalah
Pendidikan    memiliki    fungsi    untuk    membangun    peserta    didik    menjadi    manusia    yang    beriman    dan    bertakwa    kepada    Tuhan    yang    Maha    Esa,    berakhlak    mulia,    sehat,    berilmu,    kreatif    mandiri.    Sejak    awal    tahun    1980-an    yakni    ketika    kebutuhan    hidup    masyarakat    mulai    mudah    diperoleh    dibandingkan    masa    secara    tegas    untuk    mulai    membangun    pendidikan    secara    terencana.
Berdasarkan    sejarah    peradaban    berbagai    bangsa,    menunjukkan    bahwa    negara-negara    yang    bersedia    menempatkan    prioritas    penting    sektor    pendidikan    dalam    proses    pembangunan    bangsanya,    saat    ini    sudah    menjadi    negara    yang    berada    dalam    keadaan    yang    makmur    dan    menguasai    berbagai    macam    ragam    ilmu    pengetahuan    dan    teknologi    yaitu    Negara    Amerika    Serikat,    Eropa    Barat,    Kanada,    dan    Jepang.    Negara-negara    ini    pada    awalnya    pembangunan    bangsanya    menempatkan    pendidikan    pada    tingkat    prioritas    yang    tinggi,    hal    itu    dilakukan    karena    mereka    kakin    bahwa    hanya    dengan    melalui    proses    dan    pembangunan    sektor    pendidikan    secara    berkesinambungan,    peningkatan    kualitas    pendidikan    dilakukan    secara    signifikan    (Masbid,    2010:    2).    Kualitas    pendidikan    pada    gilirannya    akan    jauh    lebih    penting    jika    dibandingkan    dengan    pembangunan    sarana    fisik    maupun    sumber    daya    alam    yang    tersedia    di    masing-masing    daerah        maupun    negara.    Pendidikan    merupakan    pilar    peningkatan    sumber    daya    saing    suatu    bangsa.
Memperhatikan    arti    penting    pendidikan    tidak    dapat    dilepaskan    dari    arti    penting    guru    dalam    dunia    pendidikan.    Guru    merupakan    seorang    pendidik    sekaligus    pengajar    yang    dituntut    secara    langsung    berinteraksi    dengan    siswa.    Guru    bahkan    sering    dijadikan    tokoh    teladan    di    lingkungan    sekolah    maupun    di    luar    lingkungan    sekolah,    atau    untuk    beberapa    orang    sosok    seorang    guru    dijadikan    tokoh    identifikasi    diri.    Guru    merupakan    penanggung    jawab    proses    belajar    mengajar    yang    berlangsung    di    dalam    kelas.    Selain    itu,    guru    memiliki    peranan    yang    sangat    penting    dalam    menentukan    kualitas    dan    kuantitas    pengajaran    yang    dilaksanakannya.
Keberhasilan    tujuan    pendidikan    tidak    terlepas    peran    serta    seorang    guru.    Hamalik    (2004)    menjelaskan    bahwa    guru    adalah    suatu    jabatan    professional,    yang    memiliki    peranan    dan    kompetensi    professional.    Sebab    guru    yang    berkompeten    akan    lebih    mampu    menciptakan    lingkungan    belajar    yang    efektif,    menyenangkan    dan    akan    lebih    mampu    mengelola    kelasnya,    sehingga    belajar    para    siswanya    berada    pada    tingkat    optimal.
Hasil    belajar    merupakan    salah    satu    indicator    guru    yang    berkompeten.    Slameto    (2003)    menyatakan    bahwa    prestasi    belajar    sebagai    penguasaan    pengetahuan    atau    keterampilan    yang    dinyatakan    dengan    nilai    test    atau    angka    yang    diberikan    guru.    Hasil    belajar    siswa    adalah    kemampuan    yang    dicapai    siswa    setelah    proses    belajar    mengajar    berlangsung    dalam    satu    tahapan    pembelajaran    tertentu.    Jadi    prinsipnya,    hasil    belajar    diperoleh    karena    adanya    proses    belajar    dan    mengajar.
Suatu    hasil    belajar    dapat    dicapai    jika    kompetensi    seorang    guru    juga    berada    pada    level    yang    kompeten.    Banyak    penelitian    yang    mengatakan    bahwa    antara    hasil    belajar    dengan    kompetensi    seorang    guru    memiliki    hubungan    yang    positif,    artinya    antara    keduanya    sejalan.    Untuk    mendapatkan    hasil    belajar    yang    baik    dibutuhkan    kompetensi    guru    yang    baik    pula,    demikian    sebaliknya.   
Kompetensi    sendiri    merupakan    pemilikan    penguasaan    keterampilan    dan    kemampuan    yang    dituntut    olh    jabatan    seseorang.    Seorang    calon    guru    harus    menguasai    kompetensi    guru    dan    harus    mengikuti    pendidikan    khusus    profesi    guru.    Kompetensi    keguruan    menunjukkan    kualitas    dan    kuantitas    layanan    pendidikan    oleh    guru    yang    bersangkutan    secara    terstandar.    Guru    akan    mampu    melaksanakan    tanggung    jawabnya    apabila    ia    memiliki    berbagai    kemampuan    yang    relevan    dengan    tuhas    dan    tanggung    jawab    tersebut        (Sudjana,    2002).       
Menurut    Sudjana    (2002),    salah    satu    kompetensi    guru    yang    penting    adalah    kompetensi    perilaku    atau    performance    artinya    kemampuan    guru    dalam    berbagai    keterampilan    atau    berperilaku,    seperti    keterampilan    mengajar,    membimbing,    menilai,    menggunakan    alat    bantu    pengajaran,    berkomunikasi    dengan    siswa,    keterampilan    menyusun    persiapan    atau    perencanaan    mengajar.    Terkait    dengan    kompetensi    ini,    terlihat    masih    muncul    berbagai    kendala    dimana    masih    banyak    guru    yang    belum    mampu    mengembangkan    atau    menyusun    perencanaan    pembelajaran.    Dalam    rangka    mengimplementasikan    pogram    pembelajaran    yang    sudah    dituangkan    di    dalam    silabus,    guru    harus    menyusun    Rencana    Pelaksanaan    Pembelajaran    (RPP).    RPP    merupakan    pegangan    bagi    guru    dalam    melaksanakan    pembelajaran    baik    di    kelas,    laboratorium,    dan/atau    lapangan    untuk    setiap    Kompetensi    dasar.    Oleh    karena    itu,    apa    yang    tertuang    di    dalam    RPP    memuat    hal-hal    yang    langsung    berkait    dengan    aktivitas    pembelajaran    dalam    upaya    pencapaian    penguasaan    suatu    Kompetensi    Dasar.
Berdasarkan    hasil    observasi    awal    di    wilayah    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta,    masih    terdapat    sekitar    30%    guru    yang    belum    mampu    mengembangkan    RPP    berkarakter    dengan    baik.    Pengembangan    atau    penyusunan    RPP    berkarakter    masih    banyak    dilakukan    dengan    mencontoh    dari    sekolah    atau    dari    guru    lainnya,    dan    bukan    berdasarkan    rancangan    sendiri    yang    disesuaikan    dengan    panduan    dari    BSNP    dan    dikembangkan    dengan    analisis    kebutuhan    dan    keunggulan    yang    diharapkan.    Sebagai    contoh,    dalam    menetapkan    strategi    pembelajaran    yang    dituangkan    dalam    RPP,    guru    tidak    melakukannya    berdasarkan    analisis    yang    mantap,    dimana    strategi    pembelajaran    seharusnya    disesuaikan    dengan    kondisi    siswa,    guru,    dan    diperhitungkan    dari    segi    efektivitasnya    mendukung    ketercapaia    tujuan    pembelajaran.    Sebagai    dampaknya    adalah    muncul    berbagai    hambatan    dalam    mencapai    daya    saing    program-program    pendidikan    yang    disusun    berdasarka    perencanaan    yang    instran    dan    tidak    mantap.
Mensikapi    kondisi    tersebut,    maka    diperlukan    adanya    program    supervisi    akademik    yang    mampu    menyelesaikan    masalah    yang    dialami    guru,    sehingga    diharapkan    tujuan    pendidikan    di    seolah    akan    tercapai    dengan    baik.   
Daresh    (1989)    menjelaskan    bahwa    supervisi    akademik    merupakan    upaya    membantu    guru-guru    mengembangkan    kemampuannya    mencapai    tujuan    pembelajaran.    Dengan    demikian,    esensi    supervisi    akademik    itu    sama    sekali    bukan    menilai    unjuk    kerja    guru    dalam    mengelola    proses    pembelajaran,    melainkan    membantu    guru    mengembangkan    kemampuan    profesionalismenya.
Berdasarkan    hal-hal    yang    telah    diuraikan,    maka    dirasa    perlu    untuk    dilakukan    penelitian    tentang    “Pelaksanaan    Supervisi    Akademik    untuk    Meningkatkan    Kompetensi    Guru    dalam    Mengembangkan    RPP    Berkarakter    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012”.

B.       Identifikasi    Masalah
Berdasarkan    atas    latar    belakang    masalah    yang    telah    diuraikan,    dapat    diidentifikasi    adanya    permasalahan    sebagai    berikut:
1.    Masih    terdapat    30%    guru    di    gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    yang    beleum    mampu    mengembangkan    atau    menusun    RPP    berkarakter    dengan    baik.
2.    Muncul    berbagai    hambatan    yang    dialami    sekolah-sekolah    dasar    di    gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    dalam    mencapai    daya    saing    program-program    pendidikan    yang    disusun    berdasarka    perencanaan    yang    instran    dan    tidak    mantap.

C.      Ruang    Lingkup    Penelitian
Pelaksanaan    penelitian    ini    dikembangkan    sebatas    pada    masalah    langkah-langkah    pelaksanaan    supervisi    akademik    oleh    pengawas    sekolah    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012    untuk    meningkatkan    kemampuan    guru    dalam    mengembangkan    RPP    berkarakter.

D.      Rumusan    Masalah
Berdasarkan    atas    latar    belakang    masalah    dan    identifikasi    masalah    yang    telah    diuraikan,    dibuat    rumusan    masalah    penelitian    sebagai    berikut:
1.    Bagaimanakah    pelaksanaan    supervisi    akademik    untuk    meningkatkan    kompetensi    guru    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012    dalam    mengembangkan    RPP    berkarakter?
2.    Apakah    terjadi    peningkatan    kemampuan    guru    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012    dalam    mengembangkan    RPP    berkarakter?

E.       Tujuan    Penelitian
Adapun    tujuan    dari    dilaksanakannya    penelitian    ini    adalah    untuk    mengetahui    hal-hal    sebagai    berikut:
1.      Langkah    pelaksanaan    supervisi    akademik    untuk    meningkatkan    kompetensi    guru    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012    dalam    mengembangkan    RPP    berkarakter.
2.    Besarnya    peningkatan    kemampuan    guru    di    Gugus    II    RA    Kartini    UPTD    Dikpora    Kecamatan    Banjarsari    Surakarta    Semester    I    Tahun    Pelajaran    2011/2012    dalam    mengembangkan    RPP    berkarakter.

F.       Manfaat    Penelitian
Hasil    penelitian    diharapkan    dapat    memberikan    manfaat    dalam    dua    aspek    sebagai    berikut:
1.         Aspek    Teoritis
Hasil    penelitian    diharapkan    dapat    meningkatkan    khasanah    pengetahuan    dalam    bidang    supervisi    pendidikan    untuk    meningkatkan    kompetensi    guru    di    sekolah.
2.         Aspek    Praktis
a.         Untuk    Sekolah
Hasil    penelitian    diharapkan    dapat    memberikan    masukan    tentang    strategi        peningkatan    kompetensi    guru    di    sekolah    melalui    pengembangan    supervisi    akademik.
b.        Bagi    Guru
Hasil    penelitian    diharapkan    dapat    memberikan    masukan    pada    guru    tentang    prosedur    pengembangan    RPP    berkarakter    yang    benar-benar    sesuai    dengan    acuan    yang    telah    ditetapkan.   

DAFTAR    PUSTAKA
Soripada.    2007.    Konsep    Sekolah    Model    dan    Intrumen    Verifikasi    Sekolah    Model    SMA.    www.psb-psma.org    diakses    pada    25    Juli    2009.
Blumberg,    Hansen.    1974.    The    Human    Side    Of    Relationships    Between    Supervisors    And    Teachers    To    Understand    Their    Interactions.    Human    Resource    Journal    Vol    11.    January,    1974
Vincent    Gaspersz.    2000.    Manajemen    Produktivitas    Total.    Jakarta:    Gramedia    Pustaka    Utama
Kusnan.    2009.    Urgensi    Supervisi    Akademik    Bagi    Dosen    Di    Institusi    Pendidikan    Tinggi.    http://pendidikantinggi.hostei.com/produk/1-kusnan.pdf
Igneel.    2009.    Supervisi    Pendidikan.    http://dikot.blogspot.com/2009/11/supervisi-pendidikan.html.    Diakses    pada    25    Juli    2009
Sahertian,    Piet    A.    Konsep    Dasar    dan    Teknik    Supervisi    Pendidikan    :    Dalam    Rangka    Pengembangan    Sumber    Daya    Manusia.    Jakarta:    Penerbit    Rineka    Cipta,    2000.
Syaiful    Sagala.    2010.    Supervisi    Pembelajaran    dalam    Profesi    Pendidikan.    Bandung:    Alfabeta
Ngalim    Purwanto.    2009.    Administrasi    dan    Supervisi    Pendidikan.    Bandung:    Remaja    Rosdakarya
H.A.    Syamsudin    Makmun.    2005.    Psikologi    Kependidikan.    Bandung:    Remaja    Rosdakarya
Suharsimi    Arikunto.    1997.    Prosedur    Penelitian.    Jakarta:    Rineka    Cipta
Budiyono.    2007.    Motede    Statistik    untuk    Penelitian.    Surakarta:    Universitas    Sebelas    Maret
Sudjana.    2002.    Metoda    Statistika.    Bandung:    Tarsito
Herman    R.    Soetisna.    2007.    Pengukuran    Produktivitas.    Bandung:    Laboratorium    PSK&E    TI-ITB
Komarudin.    2004.    Manajemen    Pengawasan    Kualitas    Terpadu.    Jakarta:    Rajawali,   
Gomes,    Faustino    Cardoso.    2002.    Manajemen    Sumberdaya    Manusia.    Yogyakarta:    Andi    offset.   
Puslitjaknov,    2008.    MetodePenelitian    Pengembangan.    Jakarta:    Depdiknas
Sinungan,    Muchdarsyah.    2003.    Produktivitas,    Apa    dan    Bagaimana.    Jakarta:    Bumi    Aksara.   
H.A.R    Tilaar.    1999.    ParadigmaBaru    Pendidikan    Nasional.    Jakarta:    Rineka    Cipta
Bogdan,    R..C.    &    Biklen,    S.K.    1982.    Qualitative    Research    for    Education.    Boston:Allyn    &    Bacon    Inc.
Danim,    Sudarwan.    2002.    Inovasi    Pendidikan.    Bandung:    Pustaka    Setia.
Danim,    Sudarwan.    2010.    Kepemimpinan    Pendidikan.    Bandung:    Alfabeta
Depdiknas.    2001.    Kurikulum    Sekolah    Dasar.    Jakarta:    Depdiknas.
Dediknas.    2003.    Undang-Undang    R    I    Nomor    20    Tentang    Sistem    Pendidikan    Nasional.    Bandung:    Citra    Umbara.
Supriadi,    D.    2000.    Reformasi    Pendidikan    Dalam    Konteks    Otonomi    Daerah.    Yogyakarta:    Adicita.
Depdiknas.    2004.    Pola    Pembinaan    Sistem    Pendidikan    Tenaga    Kependidikan    PGSD.    Jakarta:    Depdiknas.
Depdiknas.    2005.    Undang-Undang    RI    Nomor    14    Tentang    Guru    Dan    Dosen.    Jakarta:    Depdiknas.
Depdiknas.    2006.    Standar    Kompetensi    Guru    Kelas    SD/MI    Lulusan    S    1    PGSD.    Jakarta:    Depdiknas.
Depdiknas.2008.    StanPembangunan    Pendidkan    Nasional.    Jakarta:    Depdiknas.
Goetz,    J.P.    &    Comte,    LMD.    1984.    Ethnography    and    Qualitative    Design    And    Educational    Research.    New    York:    Academy    Press    Inc.
Hasan,    S.H.    2004.    Kurikulum    dan    Tujuan    Pendidikan.    Bandung:    Pasca    Sarjana    UPI.
Hatten,    K.J.    &    Rosenthal,    S.R.    2001.    Reaching    for    the    Knowledge    Edge.    New    York:    Amrican    Management    Association.
Manisera,    Marica.,    Dusseldrp,    E.,    and    Kooij,    A.J.    Van.    2005.    Component    Structure    of    Job    Satisfaction    Based    on    Herzberg’s    Theory.    Italy:    Leiden    University
Sukmadinata,    Nana    Saodih,2009.    Landasan    Psikologi    Proses    Pendidikan.    Bandung:    Remaja    Rosdakarya
  

Untuk mendapatkan file lengkap (Ms.Word/pdf) 
hubungi : 0857 2891 6006


0 komentar:

Poskan Komentar