Senin, 17 Desember 2012

PTK SMp 132 UPAYA MENINGKATKAN SPEAKING SKILL LISTENING DALAM PRE-CLASSROOM ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS


UPAYA MENINGKATKAN SPEAKING SKILL LISTENING
DALAM PRE-CLASSROOM ACTIVITY PADA PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS KELAS VII-B SMP NEGERI 1 JAKARTA
 TAHUN PELAJARAN 2008/2009 SEMESTER II

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan patisipasi siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jakarta.
Pemecahan rendahnya partisipasi siswa di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jakarta adalah dengan penerapan metode tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya partisipasi siswa kelas VIII-B dalam pembelajaran matematika meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus terhadap 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, atau rendah, sedangkan keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil, atau tidak berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa terlibat aktif, 2) Frekuensi siswa yang bertanya tinggi, karena kriteria yang ditetapkan, yakni 76%, sedangkan kriteria 75%, 3) Siswa yang mampu mengajukan pendapat sedang, karena meskipun belum memenuhi kriteria tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan, 4) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 83%, sedangkan kriteria 80%, dan 5) Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Dengan demikian Penggunaan metode tutor sebaya berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Jakarta.

Kata kunci : Prestasi Belajar, Metode Tutor Sebaya

PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang Masalah
Sebagai guru mata pelajaran bahasa Inggris, peneliti menemukan masalah berupa kesulitan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris baik dalam proses belajar mengajar apalagi di luar lingkungan kelas. Setiap rangsangan yang diberikan guru berupa pertanyaan yang hasus dijawab atau penugasan untuk melakukan dialog tidak mendapatkan respon seperti yang diharapkan.
Dari pengamatan peneliti, siswa tampak tidak punya keberanian untuk mengungkapkan pikirannya dalam bahasa Inggris. Sedangkan bila ada yang mencoba untuk berbicara dalam bahasa Inggris, mereka mengalami kesulitan mengungkapkannya dengan ungkapan yang dianggap benar. Oleh karena itu mereka selalu ragu untuk berbicara dalam bahasa Inggris.
Bagi peneliti masalah ini sangat penting dan memerlukan penyelesaian yang tepat dan cepat karena nampak dari keadaan ini adalah tidak berjalannya kegiatan pembelajaran speaking di dalam kelas. Apalagi bila mengingat Kurikulum Berbasis Kompetensi atau dikenal dengan Kurikulum 2004 yang mengisyaratkan bahwa tujuan pengajaran bahasa Inggris ditujukan pada pengembangan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan melalui ketrampilan membaca, menyimak, berbicara dan menulis secara seimbang karena hal ini dibutuhkan dalam era globalisasi dan informasi abad 21.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya masalah di atas, diantaranya :
1.   Rendahnya penguasaan siswa terhadap cara mengungkapkan pikiran dalam bahasa Inggris.
2.   Minimnya sarana dan kesempatan/waktu bagi siswa untuk berbicara dalam bahas Inggris.
3.   Langkanya model/contoh ungkapan bahasa Inggris yang sangat mereka butuhkan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
4.   Kurangnya minat siswa untuk berlatih karena minimnya rangsangan atau tantangan yang mengharuskan mereka menggunakan bahasa Inggris.
Faktor-faktor di atas sebenarnya telah disadari oleh guru sejak lama dan berbagai usaha telah dilakukan untuk megatasinya. Misalnya dengan menerapkan model "Communicative Approach" yang dianggap paling sesuai dalam pengajaran bahasa Inggris. Namun usaha tersebut masih belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Mungkin bukan metodenya yang dianggap lemah, melainkan penerapannya yang harus lebih kreatif. Apalagi metode ini sangat fleksibel dalam penentuan target pembelajaran dan sumber ajar.
Albert Tupan (2003) mengemukakan bahwa GBPP dan Kurikulum sebagai landasan pokok dari upaya penyusunan pengajaran tidak dimaksudkan untuk memasung kreativitas pemakaiannya. Dengan terbukanya kurikulum 2004, maka terbuka peluang untuk mendapatkan materi-materi dengan cara baru untuk meningkatkan hasil belajar.
Peneltian tindakan kelas yang dilaksanakan ini berusaha untuk menemukan pemecahan yang dapat diupayakan oleh guru dengan tetap mengikuti ketentuan dan struktur kurikulum dan susunan buku bahan ajar yang dinyatakan dalam kurikulum bahasa Inggris SMP tahun 2004, oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti memilih judul:"Meningkatkan Speaking Skill Melalui Listening Dalam Pre-CIassroom Activity pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maduran Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2008/2009"

B.         Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang dipaparkan di atas, maka masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah :
1.     Dapatkah pemberian kegiatan listening dalam pre-classroorn activity meningkatkan kemampuan siswa untuk berbicara dengan bahasa Inggris ?
2.     Apakah penambahan repeatation pada kegiatan listening tersebut bisa menambah kemampuan siswa dalam mengungkapkan pikiran tertentu dengan tepat dan meningkatkan keberanian mereka untuk menggunakan/menunjukkan ketrampilan bahasa Inggris secara lisan ?.

C.   Tujuan Penelitian
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas diharapkan mampu memperbaiki mutu pengajaran di sekolah. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian tindakan ini dapat:
1.   Meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris
2.   Meningkatkan minat siswa untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris terutama dalam interaksi kegiatan belajar mengajar di kelas.

D.        Manfaat Hasil Penelitian
Dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan akan membawa manfaat antara lain :
1.     Siswa dapat meningkatkan kemampuan speaking-nya
2.     Guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam membimbing siswa khususnya dalam pembelajaran speaking
3.     Peneliti dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian yang bersifat peningkatan mutu pembelajaran
4.     Sekolah dapat meningkatkan kualitas pelayanannya pada masyarakat
5.     Dapat menambah khazanah pengetahuan di dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris.

E.         Pembatasan Masalah
                        Untuk kepentingan efektif dan efisiennya penelitian ini serta sangat luasnya permasalahan, maka penulis membatasi pada hal-hal sebagai berikut:
1.    Penelitian dilakukan pada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 1 Maduran Kabupaten Lamongan pada Semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009
2.    Hanya dilakukan pada mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada sub tema: Sea Animal

F.         Sistematika Penulisan
Agar yang membaca dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang bagaimana isi Karya Tulis Ilmiah ini, maka penulis sajikan sistematika penulisan sebagai berikut:
Bab I         :           Pendahuluan
Dalam pendahuluan ini memuat antara lain: Latar belakang masalah, Rerumusan masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Batasan Masalah, dan Sistematika penulisan.
Bab II        :           Kajian Teoritis dan Rencana Tindakan.
Dalam bab ini penulis menyajikan tentang: Kajian Teoritis, dan Rencana Tindakan.
Bab III      :           Metode Penelitian.
          Dalam metode penelitian ini, penulis menguraikan tentang: Setting Penelitian, Persiapan Penelitian, Siklus Penelitian, Instrumen, Analisis dan Refleksi.
            Bab IV            :           Hasil Penelitian.
Dalam bab ini yang penulis sajikan adalah: Siklus I, Siklus II, dan Siklus III.
            Bab V :           Kesimpulan dan Saran.
Dalam bab ini memuat tentang: Kesimpulan dan Saran.

DAFTARPUSTAKA

Doff Andrian, 1990, Teach English. Cambridge University Press, Cambridge
Nuthall Christine 1987, Teaching Reading Skill in a foreign languageA
Heinenman educational books, London 1987
Proyek Pengembangan BPG Surabaya 2002, Buku Petunjuk Diklat Guru Penulisan Akademik SLTP/SMU Negeri / Swasta Jawa Timur, Depdiknas 2002
Proyek Peningkatan Mutu SMU Jawa Timur, Pengembangan Kurikulum dan Sistem Pengujian Berbasis Kompetensi, Workshop KBK SMU Negeri/Swasta, Surabaya Dinas P dan K
Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP/SMU, Teaching Listening, Bahan Pelatihan LKGI Bahasa Inggris di Sidoarjo 14 s/d 20 Juli 1999
Puskur Balitbang 2006, Silabus Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
Soars John and Liz 1993, Headaway Student Book Mediate, Oxford University Press, Oxford 1993
Tupan Albert, 2003, Prinsip-Prinsip Penting dalam Upaya Penyusunan Materi Pengajaran Bahasa inggris, makalah disajikan dan workshop bahasa inggris di Madiun, 27 Mei 2003

Untuk mendapatkan file lengkap (Ms.Word/pdf) 
hubungi : 0857 2891 6006

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive