Jumat, 26 Oktober 2012

PTK TK 04 MENINGKATKAN MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI PERMAINAN DARI BAHAN SISA

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI PERMAINAN DARI BAHAN SISA PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK PEMBINA 2 XXX

ABSTRAK


Pendidikan adalah “ Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan  suasana belajar dan proses  pembelajaran agar peserta  didik  secara  aktif   mengembangkan potensi  dirinya untuk  memiliki  kekuatan  spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan  yang diperlukan dirinya, masyarakat dan negara. Pada kenyataannya di sekolah banyak  peserta didik  yang  kurang  berminat saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Mereka kelihatan kurang bergairah, tidak bersemangat dan kurang menyenangi materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu dicari apa penyebabnya dan bagaimana agar siswa bergairah dan merasa senang mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya yang akan penulis lakukan adalah mencoba menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Sesuai dengan permasalahan dan upaya pemecaham masalah tersebut di atas maka judul penelitian tindakan kelas yang akan peneliti lakukan adalah “ MENINGKATKAN MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI PERMAINAN DARI BAHAN SISA PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK PEMBINA 2 XXX “. Pentingnya masalah ini diteliti yaitu untuk mengetahui apakah dengan menggunakan PAKEM dapat meningkatkan minat anak terhadap proses pembelajaran.
PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan siswa kelompok A di Taman Kanak – Kanak Pembina 2 Xxx yang didukung oleh guru – guru yang tergabung di TK Pembina 2, yang dua orang diantaranya bertindak sebagai observer pada waktu pelaksanaan PTK. Setelah PTK selesai hasilnya dapat disimpulkan sebagai     berikut:
1.      Dengan pembelajaran PAKEM melalui permainan dari bahan sisa dapat meningkatkan perhatian peserta didik terhadap materi yang relevan.
2.      Dengan PAKEM dapat membuat siswa lebih bersemangat dan tidak merasa bosan mengikuti proses pembelajaran.
3.      Dengan menggunakan permainan dari bahan sisa proses pembelajaran lebih hidup karena siswa lebih banyak aktif.


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan di Taman Kanak – Kanak adalah “ suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.“
Taman Kanak – Kanak  sebagai pendidikan yang diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, memiliki kelompok sasaran anak usia 3 – 6 tahun yang sering disebut masa emas perkembangan. Di samping itu, pada anak usia ini anak – anak masih sangat rentan yang apabila penanganannya tidak tepat justru dapat merugikan anak itu sendiri.
Dalam kenyataannya minat belajar anak saat proses belajar mengajar sedang berlangsung belum optimal. Proses pembelajaran yang terjadi saat ini yaitu bermain sambil belajar seraya belajar sambil bermain.
Karena bermain adalah realisasi dari perkembangan diri dari kehidupan anak dapat tumbuh dan berkembang melalui berbagai kegiatan yang dilakukan anak pada waktu bermain dan melalui pengalaman anak dapat mengembangkan potensi – potensi yang dimilikinya melalui bermain. Selanjutnya dengan bertambahnya usia anak dapat dengan sadar menyerap stimulasi lingkungan dan mulai dapat mengorganisasikan serta melakukan generalisasi terhadap pengalaman yang diperoleh.

1.2 Masalah
Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran dari judul yang telah dikemukakan adalah :
1.      Keterbatasan adanya alat praga.
2.      Kurangnya minat belajar.

1.3 Rumusan Masalah
1.      Apakah proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan ( PAKEM ) melalui permainan dari bahan sisa dapat membangkitkan minat anak kelompok A di Taman Kanak – Kanak Pembina 2.
2.      Apakah penerapan PAKEM dapat meningkatkan kemampuan anak kelompok A di TK Pembina 2 dalam melakukan proses pemebelajaran.

1.4 Tujuan
1.     Untuk mengetahui proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui permainan dari bahan sisa dapat membangkitkan minat anak.
2.     Meningkatkan minat anak kelompok A di TK Pembina 2 Xxx dalam mengikuti proses pembelajaran.
3.     Meningkatkan kemampuan anak untuk lebih aktif dan kreatif.

1.5 Manfaat                                                                                                                       
Dengan penelitian tindakan kelas melalui PAKEM, melalui permainan dari bahan sisa diharapkan terjadi perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran secara lebih rinci manfaatnya adalah :
  1. Bagi pesertas didik, diharapkan mereka dapat tertarik dan senang menngikuti proses pembelajaran sehingga timbul minat untuk bernain sambil belajar mereka dihadapkan pada gambar menarik yang sesuai dengan materi pembelajaran. Mereka akan lebih mengenal berbagai macam lambang bilangan dan gambar – gambar dan dapat menyebutkan kembali isi gambar tersebut . setelah mereka menggunakan alat praga diharapkan pula kegiatan belajar mengajar bila lebih hidup semula siswa itu aktif, sehingga hasil kegiatan belajar mengajar akan lebih baik dan kemampuan perubahan perilaku peserta didik akan lebih meningkat.
  2. Bagi guru, proses pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas mengajar, karena guru dituntut untuk menyusun program pembelajaran, kemudian harus menyiapkan berbagai gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Guru juga akan lebih ringan di dalam melaksanakan tugas mengajarnya, karena yang lebih aktif adalah siswa dan guru hanya mengarahkan saja..
  3. Bagi sekolah, diharapkan dengan meningkatkan minat anak, dalam proses pembelajaran, siswa akan lebih tertarik, lebih semangat, lebih senang dan bergairah dalam belajar, sehingga hasil belajarnya pun akan lebih baik dari sebelumnya. Akhirnya diharapkan mutu pendidikan di sekolah dapat meningkat.


Untuk mendapatkan file PTK / Skripsi / Thesis lengkap
dalam format Ms. Word.
Hubungi : 085728916006

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive

    Blog Archive