Sabtu, 10 November 2012

PTK SMA 026 : Penggunaan Kartu Domino Unsur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Lambang Unsur Siswa Kelas X Mekanik

 

Penggunaan Kartu Domino Unsur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Lambang Unsur Siswa Kelas X Mekanik Perkakas 2 Semester I SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pemelajaran 2006/2007

ABSTRAK


Mata pelajaran kimia di kelas X semester 1 merupakan mata pelajaran yang masih baru bagi siswa, sebab mereka baru mendapatkan materi kimia secara utuh di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini tidak menutup kemungkinan akan adanya kesulitan bagi mereka dalam mengikuti pembelajarannya. Dari pengalaman mengajar selama ini, kami melihat bahwa siswa banyak menemui kesulitan dalam belajar kimia mulai dari materi paling dasar yaitu pengenalan unsur terutama adalah lambang unsur. Padahal materi ini harus benar-benar dikuasai siswa untuk belajar materi kimia selanjutnya. Perumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah : Apakah Pembelajaran Kimia Melalui Kartu Domino Unsur dapat meningkatkan hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Lambang Unsur siswa Kelas X Mekanik Perkakas 2 Semester I SMK Negeri 4 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kartu domino unsur dapat meningkatkan hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Lambang Unsur Siswa Kelas X Mekanik Perkakas 2 Semester I SMK Negeri 4 Semarang?

Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan media kartu domino unsur. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2006 sampai dengan 29 Agustus 2006, karena mengikuti kurikulum dimana materi lambang unsur diberikan pada kelas X semester pertama. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MP 2 SMK Negeri 4 Semarang.

Analisis dilakukan dengan menentukan prosentase sesudah menggunakan media, kemudian dibandingkan dengan prosentase pengamatan keaktifan siswa sebelum menggunakan media kartu domino unsur. Prosentase pengamatan keaktifan siswa sebelum menggunakan kartu domino unsur adalah 47 %, sedangkan prosentase pengamatan keaktifan siswa setelah menggunakan kartu domino unsur adalah 100 %. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 53 %.

Sedangkan untuk menilai ketertarikan siswa terhadap penggunaan media kartu domino unsur dilakukan dengan memberikan lembar kuisioner. Dari hasil kuisioner yang diberikan pada siswa didapatkan data sebelum menggunakan Media Kartu Domino Unsur sebesar 51,88 % dan setelah menggunakan Media Kartu Domino Unsur sebesar 76,88 %. Dengan demikian terjadi peningkatan ketertarikan siswa terhadap penggunaan media kartu domino unsur sebesar 25 %.

Untuk skor rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan kartu domino unsur adalah 4,88 sedangkan skor rata-rata hasil belajar setelah menggunakan kartu domino unsur adalah 6,88 untuk siklus 1, dan 7,42 untuk siklus 2.. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 2,54 dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media kartu domino unsur. Dengan hasil ini berarti pelajaran dapat dilanjutkan ke materi selanjutnya yaitu persamaan reaksi.


DAFTAR PUSTAKA


Darhim. 1993. Workshop Kimia. Jakarta : Depdikbud

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press

Kean E dan Middlecamp. 1985. Panduan Belajar Kimia. Jakarta : Gramedia

Krismanto, AL. 2003. Pembuatan Model Pembelajaran Menggunakan Komputer. Yogyakarta : PPPG Matematika.

Purba, Michael. 1995. Ilmu Kimia Untuk SMU Kelas 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Sutresna, Nana. 1988. Kimia SMA Kelas 1. Bandung : Ganeca Exact.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Tim Penulis Kimia. 1995. Kimia Kelas 1 SMU. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Kimia. 2003. Kimia Kelas 1 SMU. Klaten : Intan Pariwara.

Tim Redaksi. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Warkitri, Anifah, S.W, Chasiyah dan Legowo, E. 1990. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta : Karunika UT.

Winkel, WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8916006

 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive

    Blog Archive