Jumat, 16 November 2012

PTK SMP 71 - Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah Dengan Teknik Diskusi
Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah Dengan Teknik Diskusi Di Kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2009-2010
ABSTRAK
________ Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Iman Kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Teknik Diskusi Di Kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2009-2010
Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi penting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya. Hal ini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya prestasi belajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Proses belajar mengajar dibedakan menjadi dua dimensi, yaitu dimensi cara menguasai pengetahuan dan dimensi cara menghubungkan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah ada. Rendahnya perolehan prestasi belajar akidah akhlak di MTs. Bustanul Ibad menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada kompetensi iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan teknik diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad.
Penelitian ini diharpakan bermanfaat bagi siswa bahwa pembelajaran dengan metode teknik diskusi memberikan pengalaman bari diharapkan memberikan kontribusi terhadap peningkatan belajarnya. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkan masalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesional dan pembelajaran dengan metode teknik diskusi menjadi alternatif pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan prestasi siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalam penggunaan metode teknik diskusi. Dalam pembelajaran akidah akhlak yang membantu siswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata dan ingin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode diskusi tersebut.
Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I, II dan III dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. Bustanul Ibad pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 57,7% termasuk kualifikasi rendah dan pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 75% maka angka tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus III mencapai nilai 83% maka angka tersebut kualifikasi tinggi. Akhirnya berarti bahwa setelah siklus III semua subjek mengalami peningkatan prestasi belajar akidah akhlak dengan menggunakan metode teknik diskusi.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran sebagai modal awal siswa Madrasah Tsanawiyah terutama mata pelajaran Akidah Akhlak adalah pelajaran yang mendalami dasar keyakinan seorang siswa sebagai lanjutan peserta didik di madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang Rukun Iman, mulai dari iman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Akhir sampai iman kepada Qadla dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap Iman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan beriman kepada Allah dan malaikat dalam kehidupan sehari-hari dengan metode-metode yang sesuai untuk tercapainya proses belajar mengajar.
Mutu pembelajaran tidak akan mungkin tercapai tanpa performance siswa yang peka, kritis, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab. Sebab menurut Guthrie dan Reed dalam M. Sukardi (1999: 176-182) siswa merupakan salah satu sumber daya manusia yang menentukan mutu pembelajaran. Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasi penting mutu pembelajaran, dapat dilihat dari hasil setiap kegiatan belajarnya. Hal ini terkait pula dengan pemahaman siswa, karena tinggi rendahnya prestasi siswa juga hasil prestasi belajar siswa dari upaya kegiatan belajarnya.
Kemajuan dan perkembangan IPTEK serta perubahan masyarakat yang sangat cepat menuntut keharusan para guru mengikuti perkembangan keahliannya, seperti halnya guru akidah akhlak akan mengembangkan keahliannya di bidang akidah akhlak. Dengan demikian, guru mempunyai tugas yang semakin komplek dalam tugasnya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya baik secara individual maupun kelompok.
Dalam konteks nilai paedagogis guru juga bertugas membantu, membimbing dan memimpin siswanya dalam pemahaman ini. Mohammad Rivai dalam Suryo Subroto (2002: 4) mengatakan bahwa di dalam situasi pengajaran, gurulah yang memimpin dan bertanggung jawab penuh atas kepemimpinannya yang dilakukan itu. Ia tidak melakukan instruksi-instruksi, dan tidak berdiri di bawah instruksi manusia lain kecuali dirinya sendiri, setelah masuk dalam situasi kelas.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan sebelumnya, rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut, bagaimanakah meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman kepada malaikat Allah dengan menggunakan metode diskusi di kelas VII MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi.
Secara spesifik rumusan masalah dijabarkan menjadi pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut:
  1. Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus I di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
  2. Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus II di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
3. Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa pada kompetensi beriman pada malaikat Allah pada siklus III di MTs. Bustanul Ibad Kota Bekasi dengan menggunakan metode teknik diskusi?
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bina Aksara
Asrori, Muhammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima
Departemen Agama RI 2007 ” KTSP Mata Pelajaran AQIDAH AKHLAK”
Ibrahim, T. 2007. Membangun Akidah Akhlak KelasVII. Surakarta: Tiga Serangkai
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusmansyah, Taofik. 2008. Aqidah dan Akhlak. Bandung: Grafindo.
Zaini, Hisyam. Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka InsanMadani.

Untuk mendapatkan file skripsi lengkap (Ms.Word), hubungi : 08572 8916006

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive

    Blog Archive