Kamis, 01 September 2016

PTK SMP 231 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PEMODELAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL


ABSTRAK

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI TEKNIK PEMODELAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 2 MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Andi Budi Anggriantoro. A 310 070 303. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2011.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Matesih, (2)  meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis pengalaman priadi pada siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Matesih tahun pelajaran 2010/2011.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan tdua siklus. Setiap siklus dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada di kelas, perencanaan tindakan berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi untuk tindakan berkutnya. Subjek penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Matesih. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, teknik tes, catatan lapangan, wawancara, analisis dokumen dan evaluasi sikap. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan teknik pemodelan dengan pendekatan kontekstual ini meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari kerja sama, inisiatif, perhatian, dan kerja sistematis siswa. Untuk kerja sama siswa siklus I diproleh hasil dengan prersentase, 24,1% siswa mendapat nilai sedang, 62,1% siswa mendapat nilai baik, naik saat siklus II dengan rincian 10,3% siswa mendapat nilai sedang, dan 89,7% siswa mendapat nilai baik. Nilai inisiatif siswa siklus I, 73,3% siswa mendapat nilai sedang, dan 20,7% siswa mendapat nilai baik, meningkat pada siklus II menjadi 31% siswa mendapat nilai sedang, 65,5% siswa mendapat nilai baik, dan 3,5% siswa mendapat nlai amat baik. Perhatian siswa siklus I, sebanyak 79,3% siswa mendapat nilai sedang, dan 6,9% siswa mendapat nilai baik, sedangkan saat siklus II terdapat 17,2% siswa mendapat nilai sedang, 69% siswa mendapat nilai baik, dan 13,8% siswa mendapat nilai amat baik. Nilai bekerja sistematis pada siklus I sebanyak 27,6% siswa mendapat nilai sedang, dan 55,2% siswa mendapat nilai baik, sedangkan siklus II terdapat  37,9% siswa mendapat nilai sedang, dan 55,2% siswa mendapat nilai baik.
Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dapat dilihat dari hasil tulisan pengalaman pribadi siswa. Sebelum diterapkan teknik pemodelan dengan pendekatan kontekstual, rata-rata siswa adalah 61,68  sedangkan setelah diadakan tindakan siklus I dan II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 65,24 dan 67,31. Pada ketuntasan belajar sebelum diterapkan teknik pemodelan dengan pendekatan kontekstual jumlah siswa yang mencapai KKM (64) sebanyak 11 siswa, dan setelah diadakan tindakan siklus I dan II  jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM (64) sebanyak 21 dan 24 siswa.

Kata kunci: Menulis pengalaman pribadi, pemodelan, dan kontekstual


DAFTAR PUSTAKA
 
Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsyad, dan sakura H. Ridwan. 2002. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alfianto, Achmad. 2006. Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Metamoerfosis Ulat Menjadi Kepompong. Dalam http://researchengines.com/0106achmad.html, diakses pada 10 Februari 2011, Pukul 08.00 WIB.

Anitah, Sri. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Balai Pustaka

------------------------. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum

Budi Arti, Y. 2008. Kreatif Menulis. Klaten: Intan Pariwara

Depdiknas. 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar dan Kompetensi Matapelajaran Bahasa dan Sastra IndonesiaSekolah menengah Pertama Tsanawiyah. Yogyakarta: Depdiknas

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka

Jumadi. Guru dan Media Pembelajaran. 2007. Dalam http://www.pontianakpost.co./berita/index.asp?Berita=Opini&id=133609, diakses pada 20 Februari 2011, pukul 20.00 WIB.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Ende Nusa Indah

Komaidi, didik. 2008. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media

Kosnandar, Ade. 2003. “Guru dan Media Pembelajaran”. Jurnal Teknodik. No. 13/VII/TEKNODIK/DESEMBER/2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioal Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhayati, Sri. 2002. Pengaruh Penguasaan Tata Kalimat dan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas II SMU Muhammadiyah Purwodadi Kabupatan Grobogan. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Pesda Press

Muslich, Mansur. 2008. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Malang: Bumi Aksara

Nurdiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Nutrudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press

Purwa, Bambang Kaswanti. 1997. Pokok-pokok Pengajaran Bahasa dan Kurikulum 1994: Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Sadiman, Arief S., Raharjo, dan Agung Haryono. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo Persada

Saputra, Heru S.P. 2005. Penulisan Kreatif, Sentuhan Keteladanan sebagai Penggugah Kesadaran” dalam Pangesti Wiedarti (Ed). Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana

Siahaan, Sudirman. 2006. “Media Pemelajaran: Mitra atau Kompetitor bagi Guru dalm Kegiatan Pembelajaran?. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun Ke-12, No. 063. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sunendar, tatang. 2008. Penelitia Tindakan Kelas. Dalam http://akhmadsudrajat.files.wortpress.com/2008/02/penelitian-tindakan-kelas.ppt#256, diakses pada 25 Februari 2011, pukul 20.00 WIB.

Suryanto . 2004.  Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Modeling pada Kelas II D SLTP 1 Sukoharjo, Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Suwarna, Ismaya. 2002. Peningkatan Menulis Wacana Narasi dengan Teknik Penceritaan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas II MAN 1 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta

Swanborn dan Glopper, de K.. “Impact of Reading Purpose on Incidental Word Learning From Context”. Language Learning A Journal of Research in Language Studies. Volume 52, Nuber 1, March 2002. University of Michigan.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung Maulana
 

Winarti, Dewi. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas V SD Negeri Tempel. Skripsi. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta

Wiriatmaja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya

Yunus, M. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), 
hubungi Telp/SMS/WA: 0857 2891 6006

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive