Minggu, 25 Agustus 2013

PTK SMP 009: Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII F Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Kegiatan Kelompok Belajar Tutor Sebaya di SMP Negeri xxx
 Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII F Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Kegiatan Kelompok Belajar Tutor Sebaya di SMP Negeri xxx

ABSTRAK


            Penelitian ini bertolak dari rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Hal ini terjadi karena siswa yang tidak lulus pada ujian nasional serta siswa yang tidak naik kelas sebagian besar terganjal pada mata pelajaran tersebut, ibaratnya mata pelajaran matemayika menjadikan “momok” yang menakutkan bagi siswa. Dalam proses pembelajaran terkadang siswa kurang bersemangat, tidak mau menanyakan hal-hal yang kurang jelas, takut salah menjawab pertanyaan dari guru. Permasalahan tersebut diatasi dengan melaksanakan Kegiatan Kelompok Belajar Tutor Sebaya (KKBTS). KKBTS adalah suatu kegiatan belajar yang dilakukan bersama guna menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan belajar.
            Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pada kelas VIII F SMP Negeri 22 Semarang. Hal ini dapat digambarkan adanya peningkatan nilai rapor serta hasil ujian yang baik dan (2) memberdayakan siswa sebagai tutor sebaya dalam kegiatan kelompok belajar, hal ini bertujuan untuk merubah sikap dan perilaku belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah kearah yang lebih baik. Perubahan sikap tersebut misalnya motivasi belajar siswa meningkat, siswa berani mengajukan pertanyaan, serta siswa berani menjawab pertanyaan guru saat proses pembelajaran berlangsung.
            Penelitian ini dilakukan menggunakan disain penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan dua siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru matematika, serta guru peneliti. Jenis datanya berupa kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, jurnal kegiatan siswa, tes hasil belajar. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis ststistik deskriptif dan data kualitatif menggunakan analisis kategorial dan fungsional melalui model analisis interaktif.

            Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas VIII F SMP Negeri 22 Semarang. Peningkatan padsa siklus I mencapai 3,42 atau 9% dan peningkatan pada siklus II mencapai 11,55 atau 30,40%. Peningkatan tersebut juga diikuti perubahan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Perubahan sikap tampak pada motivasi siswa, kemauan siswa mengajukan pertanyaan, serta keberanian siswa menjawab pertanyaan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian dapat direkomendasikan agar KKBTS tidak hanya dilaksanakan pada mata pelajaran matematika, tetapi dapat digunakan pada mata pelajaran lainnya.


DAFTAR PUSTAKA

Anti, Erman dan Marjohan. 1992. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Dirjen Dikti
Budiyati, L.M., Ida Zulaeha, Siti Ida A. Mahmudah dan Markini. 2004. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis dalam Menulis Karya Tulis dengan Elemen Inquiry Pendekatan CTL pada Siswa Kelas III SLTP 3 Ungaran”.  Semarang : FBS Unnes
Hastuti, Sri., Mariyoto, Th. Indah Abrianisasi, Priti Uning Wiyati, Siti Aisyah dan Retno Ambarwati. 2006. Modul pelayanan Bimbingan dan Konseling, Semarang:  Sinar Jaya.
Hadikusumo, Kunaryo., Sadjad Sayuti, Achmad Rifai, Agus Salim dan Budiyono. 1995. Pengantar Pendidikan. Semarang : IKIP Semarang Press
Jaoharotun, Nur. 2002. “Keefektifan Layanan Bimbingan Belajar Dalam Maningkatkan Prestasi Belajar Pada Bidang Studi Matematika Siswa Kelas I.2 SMU Negeri I Pangkah Tegal Tahun Pelajaran 2001/2003”. Semarang : FIP Unnes
Prayitno, M. Surya, Thantawy R., Mungin Eddy Wibowo, Karnoto, dan Afif Zamzani. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Padang: PT Ikrar Mandiriabadi
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling  Kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia
Prayitno dan Erman Anti. 1994. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
Prayatno. 2003. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pareraja Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes tahun Pelajaran 2002/2004”. Semarang : FIP Unnes
Purwanto, M. Ngalim. 1991. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Undang-Undang RI Nomor 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas



Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),

hubungi : 0857 2891 6006



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive