Selasa, 30 April 2013

PTK SD 166 : Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN xxx
Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN xxx

ABSTRAK

Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN XXX
Kata-kata kunci : Kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan siswa serta situasi dan kondisi lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di SD dan cara pendekatan konvensional sudah dianggap tidak efektif serta menimbulkan kejenuhan di dalam kelas. Oleh karenanya guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan sarana termudah untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran. pembelajaran konstruktivistis dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator menambah kegiatan pembelajaran ego- involvement menjadi task improvement, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif serta dapat : (a) membangkitkan minat siswa untuk belajar menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media konkrit, keaktifan dan ketrampilan siswa dapat dimunculkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit terbukti signifikan (1) meningkatkan prestasi belajar (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan siswa dalam pembelajaran


DAFTAR PUSTAKA

Hernawan, Asep H, dkk. (2006). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. (2005) Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka
Saidihardjo, (2004). Cakrawala Pengetahuan Sosial 5 untuk Kelas 5 SD dan MI. Solo : Wangsa Jatra Lestari
Sumantri, Mulyani. (1999). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Depdikbud Dirjen
Dikti Proyek PGSD
Wardani, I.G.A.K; Wihardit, K; & Nasoetion, N. (2003). Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta : Universitas Terbuka
Winataputra, Udin S, dkk,(2005), Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Asmawi, Zainul, dan Maulana,Agus (2005). Tes dan Assessment di SD. Jakarta: Universitas Terbuka



Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 0857 2891 6006


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive