PTK SMP 228 : PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN REFLEKTIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
ABSTRAK
PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN
REFLEKTIF DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
(PTK Pada Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 2 Sambi, Boyolali)
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan sistem pembelajaran
reflektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif
antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala
sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data.
Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2
Sambi, Boyolali yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara
deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur
yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
atau verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) keaktifan siswa dalam
bertanya dan menjawab pertanyaan guru dengan tepat meningkat dari 14,7% menjadi
61,76%. 2) kemampuan pemecahan masalah matematika meliputi:a) mengidentifikasi
masalah meningkat dari 8,82% menjadi 88,23%. b) merumuskan masalah dalam model
matematika meningkat dari 5,88% menjadi 55,88%. c) memilih pendekatan meningkat
dari 5,88% menjadi 64,7%. d) menyelesaikan masalah meningkat dari 17,64%
menjadi 82,35%. 3) prestasi belajar matematika meningkat dari 20,59% menjadi
91,17%. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dapat
ditingkatkan melalui penerapan sistem pembelajaran reflektif.
Kata Kunci : berpikir
kritis,reflektif, sistem pembelajaran.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2007. Metode
Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deswani. 2009. Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis.
Jakarta: Salemba Medika.
Dharma, Lala Herawati.
2007. Brain Based Teaching: Merancang
Kegiatan Belajar Mengajar Yang Melibatkan Otak, Emosional, Sosial, Kognitif,
Kinestetik dan Reflektif. Bandung: Kaifa.
Fajari, Atik Fitriya Nurul. 2008.
“Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan
Bentuk Aljabar”. Skripsi. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammdiyah Surakarta.
Gunawan, Adi W. 2007. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta:
Bumi Aksara.
Harsanto, Radno. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitis Kritis dan
Kreatif. Jakarta: Grasindo.
Harta, Idris. 2006. Matematika Bermakna. Surakarta:
Mediatama.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat:
Gaung Persada.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi
Revisi. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Muhfaroyin. 2009. Memberdayakan
Kemampuan Berpikir Kritis [Online].
Tersedia:http://zanikhan.multiply.com/journal/item/5570/Memberdayakan-Kemampuan-Berpikir-Kritis.Html.
[26 Desember 2010].
Mujiyono, dkk. 2007. Matematika
untuk SMP dan MTS Kelas VIII. Surakarta: Grahadi.
Rochaminah, Sutji. 2008. “Penggunaan Metode Penemuan untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis Mahasiswa Keguruan”. Makalah
[Online]. Tersedia: http://www.pdfchaser.com/penggunaan-metode-penemuan-untuk-meningkatkan.html.
[20 Januari 2011].
Sparrow, Tim and Jo Maddock. 2006. “Reflective Learning”. Dalam Applied emotional intelligence
[Online]. Tersedia: http://www.jca.biz/microsites/
iete/pdf/Scale%2016%20Reflective%20learning.pdf. [8 Januari 2011 ].
Sudiarta, I Gusti Putu. 2009. “Pengembangan Pembelajaran Berpendekatan
Tematik Berorientasi Pemecahan Masalah Matematika Terbuka untuk Mengembangkan
Kompetensi Berpikir Divergen, Kritis dan Kreatif”. Artikel [Online]. Tersedia: http://www.pdfchaser.com/pembelajaran-pendekatan-tematik.pdf.html.
[20 Januari 2011]
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian
Hasil proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan
Kemampuan Menulis melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.
Susilo. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas.
Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Tebow, Fall Melinda. 2008. “Reflective Learning in Adult Education”.
Dalam Artikel [online]. Tersedia: http://adulteducation.wikibook.us/index.
php?title=Reflective LearninginAdult_Education. [26 Desember 2010].
Yesildere, Sibel and Elif B.
Turnuklu. 2006. “The Effect of Project-Based Learning on Pre-service Primary
Mathematics Teachers’ Critical Thinking Dispositions”. Dalam Int Online J Science Math Ed vol 6 pp
1-11. Tersedia: http://www.upd.edu.ph/~ismed/online/articles/project/ Vol6_The
Effect.pdf. [20 Januari 2011].
http://bsnp-indonesia.org/id/bsnp/wp-content/uploads/2009/06/01.-SMA-MA.zip
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi Telp/SMS/WA: 0857 2891 6006
0 komentar:
Posting Komentar