PTK SD 166 - PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVb
PENINGKATAN KEMAMPUAN
SISWA DALAM MEMAHAMI
MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA
GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVbSDN SUMBERAJI II KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG
ABSTRAK
Permasalahan pendidikan siswa selalu muncul bersamaan
dengan
berkembang dan meningkatnya
kemampuan siswa serta situasi dan kondisi
lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di
SD dan cara pendekatan
konvensional sudah dianggap tidak efektif serta
menimbulkan kejenuhan di dalam
kelas. Oleh karenanya
guru dituntut untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan
pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
merupakan sarana termudah
untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran. pembelajaran konstruktivistis dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat
otoriter menjadi fasilitator menambah
kegiatan pembelajaran ego-
involvement menjadi task improvement,
sehingga proses pembelajaran
menjadi lebih efektif serta dapat : (a) membangkitkan minat siswa untuk belajar menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta
kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar
dengan menggunakan media konkrit,
keaktifan dan ketrampilan siswa dapat dimunculkan dalam
pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit
terbukti signifikan (1) meningkatkan
prestasi belajar (2) peningkatan
aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan
siswa dalam pembelajaran
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Di Sekolah Dasar
masalah sosial di masyarakat mulai
diperkenalkan di kelas IV semester genap. Materi yang diberikan
diantaranya tentang pengertian masalah
sosial, terjadinya
masalah sosial,
aneka macam
masalah sosial
dan pemecahan
masalah sosial.
Semua materi
tersebut harus
benar-benar di
kuasai siswa
secara berurutan,
agar tidak
membingungkan anak.
Masalah sosial di masyarakat merupakan
materi yang
ada dalam pembelajaran IPS. Hal ini terhitung agak sulit dan merupakan masalah bagi siswa kelas IV SDN Sumberaji II Kabuh, Jombang. Hal ini terlihat ketika
siswa mengerjakan
tes
evaluasi
tentang
masalah sosial sebanyak
5 soal
ternyata hasilnya tidak memuaskan. Dari 7 siswa yang menjawab
benar semua
tidak ada,
siswa yang
menjawab
benar 4
soal sebanyak
1 siswa
(14%) dan
siswa yang menjawab benar 3 soal sebanyak 3 siswa (28%) dan 2 siswa (58%) benar
2 soal dan 1 soal. Hasil tes dapat dilihat pada table
1 di bawah ini.
Dari uraian diatas, berarti pembelajaran tentang masalah sosial dikatakan tidak berhasil,
karena jumlah siswa yang menguasai materi
pelajaran kurang
dari 70%.
Hal ini
sesuai dengan
pengarahan pengawas
TK/SD dalam kegiatan
KKG dan pemeriksaan analisis pembelajaran di
kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang yaitu pembelajaran dikatakan berhasil
apabila minimal 70% siswa menguasai
materi pembelajaran. Oleh karena itu,
peneliti selaku
guru kelas
IV SDN
Sumberaji II
, Kabuh
Jombang perlu
melakukan kegiatan perbaikan
pembelajaran melalui PTK (Penelitian tindakan Kelas) agar siswa
dapat dengan
mudah mengerjakan
soal yang
berkaitan
dengan masalah sosial.
Masalah tersebut harus
segera diatasi, karena
keberhasilan proses pembelajaran merupakan
tanggung
jawab
guru. Selain
itu bagi
siswa dalam
proses pembelajaran di tuntut adanya sistem belajar tuntas.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang
masalah yang diuraikan pada
bagian pendahuluan
dan diskusi
peneliti dengan
teman sejawat
maka di
tetapkan masalah
yang diangkat
dalam perbaikan
pembelajaran ini adalah
sebagai berikut :
1. Siswa tidak dapat menjelaskan pengertian masalah sosial
2.
Siswa tidak dapat menjelaskan terjadinya masalah sosial
3.
Siswa tidak dapat menyebutkan aneka macam masalah sosial
Dari diskusi dengan
teman sejawat disepakati
penyebab
siswa tidak dapat
memahami masalah sosial karena dalam pembelajaran guru tidak menggunakan alat bantu.
Dari uraian
diatas, yang
menjadi fokus
perbaikan pembelajaran
adalah pembelajaran
dalam upaya
membantu siswa
agar mereka
dapat dengan
mudah menjelaskan
pengertian masalah
sosial, menjelaskan
terjadinya masalah
sosial, dan
menyebutkan penyebab timbulnya
masalah sosial.
Sehingga dapat
disimpulkan fokus
perbaikan
pembelajaran menjadi rumusan
masalah sebagai
berikut :
1. Bagaimana cara membantu
siswa-siswi kelas IV
SDN Sumberaji
II agar
mereka dapat menjelaskan
pengertian masalah sosial?
2.
Bagaimana cara
membantu siswa-siswi
kelas IV
SDN Sumberaji
II agar
mereka dapat menjelaskan
terjadinya masalah sosial?
3.
Bagaimana cara
membantu siswa-siswi
kelas IV
SDN Sumberaji
II agar
mereka dapat menyebutkan
aneka macam masalah sosial?
C.
TUJUAN
Sesuai dengan permasalahan
penelitian, tujuan penelitian
adalah meningkatkan
kemampuan siswa
dalam memahami
masalah sosial,
secara khusus tujuan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.
Membantu siswa
kelas IV
SDN Sumberaji
II agar
mereka dapat
dengan mudah memahami masalah sosial dengan menggunakan alat bantu.
2.
Mendiskripsikan pembelajaran memahami masalah sosial pada siswa kelas IV SDN Sumberaji II dengan menggunakan alat bantu pembelajaran
D.
MANFAAT
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi siswa, guru, sekolah maupun rekan-rekan guru yang lain.
a)
Bagi siswa,
penelitian ini
bermanfaat untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang
materi masalah sosial sehingga prestasi siswa juga
meningkat.
b)
Bagi peneliti, penelitian
ini dapat meningkatkan kemampuan guru
terutama dalam penggunaan
alat bantu pembelajaran, sehingga guru berusaha mengembangkan diri untuk meningkatkan profesi yang akhirnya pembelajaran dapat maksimal
c)
Bagi rekan-rekan
guru yang
lain, hasil
penelitian ini
dapat dijadikan
sebagai masukan
untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan
sosial di kelas khususnya
pada materi yang sama
d)
Bagi sekolah
penelitian ini
dapat memberikan
sumbangan dalam
upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
Untuk mendapatkan
file PTK / Skripsi / Thesis lengkap
dalam
format Ms. Word.
Hubungi
: 085728916006
0 komentar:
Posting Komentar