Jumat, 26 Oktober 2012

PTK SD 166 - PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVb

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVbSDN SUMBERAJI II KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG


ABSTRAK

Permasalahan   pendidikan   siswa   selalu   muncul   bersamaan   dengan berkembang   dan   meningkatnya   kemampuan   siswa   serta   situasi   dan   kondisi lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di SD   dan   cara   pendekatan   konvensional   sudah   dianggap   tidak   efektif   serta menimbulkan  kejenuhan  di  dalam  kelas.  Oleh  karenanya  guru  dituntut  untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.
Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK),  merupakan  sarana  termudah  untuk meneliti, menyempurnakan dan            mengevaluasi     pengelola       pembelajaran. pembelajaran konstruktivistis   dimaksudkan   menjadikan   kebiasaan   guru  yang bersifat   otoriter   menjadi   fasilitator   menambah   kegiatan   pembelajaran   ego- involvement  menjadi  task  improvement,  sehingga  proses  pembelajaran  menjadi lebih   efektif   serta   dapat   :   (a)   membangkitkan   minat   siswa untuk belajar menemukan sendiri, (b) bekerjasama       dengan            mengkomunikasikan   hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media   konkrit,   keaktifan   dan   ketrampilan   siswa   dapat   dimunculkan   dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit terbukti  signifikan  (1)  meningkatkan  prestasi  belajar  (2)  peningkatan  aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan siswa dalam pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN



A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Di   Sekolah   Dasar   masalah   sosial   di   masyarakat   mulai diperkenalkan di kelas IV semester genap. Materi yang diberikan diantaranya tentang  pengertian  masalah  sosial,  terjadinya  masalah  sosial,  aneka  macam masalah  sosial  dan  pemecahan  masalah  sosial.  Semua  materi  tersebut  harus benar-benar  di  kuasai  siswa  secara  berurutan,  agar  tidak  membingungkan anak.
Masalah   sosial   di  masyarakat   merupakan  materi  yang  ada dalam pembelajaran IPS. Hal ini terhitung agak sulit dan merupakan masalah bagi siswa kelas IV SDN Sumberaji II Kabuh, Jombang. Hal ini terlihat ketika siswa   mengerjakan   tes  evaluasi   tentang  masalah  sosial   sebanyak  5  soal ternyata hasilnya tidak memuaskan. Dari 7 siswa yang menjawab benar semua tidak  ada,  siswa  yang  menjawab  benar  4  soal  sebanyak  1  siswa  (14%)  dan siswa yang menjawab benar 3 soal sebanyak 3 siswa (28%) dan 2 siswa (58%) benar 2 soal dan 1 soal. Hasil tes dapat dilihat pada table 1 di bawah ini.
Dari uraian diatas, berarti pembelajaran tentang masalah sosial dikatakan   tidak   berhasil,   karena   jumlah   siswa   yang   menguasai   materi pelajaran  kurang  dari  70%.  Hal  ini  sesuai  dengan  pengarahan  pengawas TK/SD   dalam   kegiatan   KKG   dan   pemeriksaan   analisis   pembelajaran   di kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang yaitu pembelajaran dikatakan berhasil apabila minimal 70% siswa menguasai materi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti  selaku  guru  kelas  IV  SDN  Sumberaji  II  ,  Kabuh  Jombang  perlu melakukan kegiatan perbaikan pembelajaran melalui PTK (Penelitian tindakan Kelas)  agar  siswa  dapat  dengan  mudah  mengerjakan  soal  yang  berkaitan dengan masalah sosial.
Masalah   tersebut   harus   segera   diatasi,   karena  keberhasilan proses  pembelajaran  merupakan  tanggung jawab  guru.  Selain  itu  bagi  siswa dalam proses pembelajaran di tuntut adanya sistem belajar tuntas.



B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan   latar   belakang   masalah   yang   diuraikan   pada bagian  pendahuluan  dan  diskusi  peneliti  dengan  teman  sejawat  maka  di tetapkan  masalah  yang  diangkat  dalam  perbaikan  pembelajaran  ini  adalah sebagai berikut :
1.      Siswa tidak dapat menjelaskan pengertian masalah sosial
2.      Siswa tidak dapat menjelaskan terjadinya masalah sosial
3.      Siswa tidak dapat menyebutkan aneka macam masalah sosial
Dari  diskusi  dengan  teman  sejawat  disepakati  penyebab  siswa  tidak  dapat memahami     masalah      sosial   karena  dalam  pembelajaran   guru     tidak menggunakan alat bantu.
Dari  uraian  diatas,  yang  menjadi  fokus  perbaikan  pembelajaran adalah  pembelajaran  dalam  upaya  membantu  siswa  agar  mereka  dapat  dengan mudah  menjelaskan  pengertian  masalah  sosial,  menjelaskan  terjadinya  masalah sosial,  dan  menyebutkan  penyebab  timbulnya  masalah  sosial.  Sehingga  dapat disimpulkan  fokus  perbaikan  pembelajaran  menjadi  rumusan  masalah  sebagai berikut :

1.      Bagaimana  cara  membantu  siswa-siswi  kelas  IV  SDN  Sumberaji  II  agar mereka dapat menjelaskan pengertian masalah sosial?
2.      Bagaimana  cara  membantu  siswa-siswi  kelas  IV  SDN  Sumberaji  II  agar mereka dapat menjelaskan terjadinya masalah sosial?
3.      Bagaimana  cara  membantu  siswa-siswi  kelas  IV  SDN  Sumberaji  II  agar mereka dapat menyebutkan aneka macam masalah sosial?



C.    TUJUAN

Sesuai   dengan   permasalahan   penelitian,   tujuan   penelitian adalah  meningkatkan  kemampuan  siswa  dalam  memahami  masalah  sosial, secara khusus tujuan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Membantu  siswa  kelas  IV  SDN  Sumberaji  II  agar  mereka  dapat  dengan mudah memahami masalah sosial dengan menggunakan alat bantu.
2.      Mendiskripsikan pembelajaran memahami masalah sosial pada siswa kelas IV SDN Sumberaji II dengan menggunakan alat bantu pembelajaran

D.    MANFAAT

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi siswa, guru, sekolah maupun rekan-rekan guru yang lain.
a)      Bagi  siswa,  penelitian  ini  bermanfaat  untuk  meningkatkan  pemahaman siswa   tentang   materi   masalah   sosial   sehingga   prestasi   siswa   juga meningkat.
b)      Bagi   peneliti,   penelitian   ini   dapat   meningkatkan   kemampuan   guru terutama   dalam   penggunaa alat   bantu   pembelajaran,   sehingga   guru berusaha mengembangkan diri untuk meningkatkan profesi yang akhirnya pembelajaran dapat maksimal
c)      Bagi  rekan-rekan  guru  yang  lain,  hasil  penelitian  ini  dapat  dijadikan sebagai  masukan  untuk meningkatkan kemampuan  pengetahuan sosial  di kelas khususnya pada materi yang sama
d)     Bagi  sekolah  penelitian  ini  dapat  memberikan  sumbangan  dalam  upaya meningkatkan mutu pembelajaran.



Untuk mendapatkan file PTK / Skripsi / Thesis lengkap
dalam format Ms. Word.
Hubungi : 085728916006




Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD

KATALOG PTK TK
Download
KATALOG PTK SD
Download
KATALOG PTK SMP
Download
KATALOG PTK SMA
Download
KATALOG PTS
Download
Bikin PTK/PTS

Download form penyusunan PTK/PTS

Download

Start Work With Me

Kontak langsung via WA


Penelitian Tindakan Kelas
  • PTK SD
  • Penelitian Tindakan Kelas SD/MI

  • PTK SMP
  • Penelitian Tindakan Kelas SMP/MTs

  • PTK SMA
  • Penelitian Tindakan Kelas SMA/MA/SMK


    Experience
    Lead Developer

    State Art company

    UI/UX Developer

    Design Corporation

    Front-End Developer

    Creative Design Studio


    My Skills
    Penyusunan PTK
    Penyusunan PTS
    Contoh PTK
    Contoh PTS
    Contact Us
    Jasa Pintar
    0857 2891 6006 (WA Only)
    Surakarta, Jawa Tengah
    Hubungi kami melalui form ini (Mohon lengkapi dengan alamat email dan nomor WA)

    Blog Archive

    Blog Archive

    Popular Posts